Pentingnya Menjaga Ukhuwah

Pentingnya Menjaga Ukhuwah

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pentingnya Menjaga Ukhuwah

Mempererat persaudaraan Islam merupakan salah satu bentuk penegakan kekuatan Islam dalam kehidupan sehari-hari. Karena antara umat Islam yang satu dengan yang lain itu ibarat sebuah material bangunan yang satu dengan lainnya yang saling merekat sehingga membentuk sebuah bangunan yang kokoh. ibarat bangunan, jika ada salah satu material dari bangunan tersebut yang sudah retak maka bisa menjadikan bangunan itu roboh. Begitu juga dengan ukhuwah islamiyah, tali persaudaraan antar umat muslim akan putus apabila tidak senantiasa dijaga hubungan antara umat muslim yang satu dengan yang lainnya. Umat muslim yang satu dengan yang lain ibarat satu tubuh yang jika salah satu anggota badannya mengalami sakit, maka seluruh tubuh akan merasakannya pula. Di sinilah kekuatan Islam akan terbentuk melalui sebuah hubungan persaudaraan yang kuat.

Mempererat ukhuwah bisa kita lakukan dengan sering bersilaturahim atau bertemu satu sama lain. Namun di masa pandemi seperti sekarang ini kita di tuntut untuk di rumah aja. Hal ini menjadikan tantangan tersendiri untuk kita dalam menjaga ukhuwah atau persaudaraan di masa pandemi covid-19 sekarang ini. Aktivitas – aktivitas yang seharusnya dilakukan bersama – sama di lapangan tidak bisa dilakukan. Sehingga memaksa kita untuk memutar otak mencari cara agar agenda yang seharusnya dilakukan tetap bisa dilakukan sesuai dengan yang diharapkan dan kita pun masih tetap bisa bersilaturahim dengan menggunakan alat dan media komunikasi yang ada meskipun jarak memisahkan. Apalagi dalam sebuah organisasi, karena semua beralih menjadi virtual dengan dukungan berbagai platform/media, mulai dari kegiatan sampai dengan rapat. Banyak program kerja yang terhambat dan juga komunikasi antar anggota. Terutama bagi anggota pengurus baru yang belum saling mengenal satu sama lain. Yang mana seharusnya di awal kepengurusan sebagai momen untuk saling mengenal terlebuh dahulu sampai akhirnya bisa berteman dekat dan rasa ukhuwahnya pun jadi makin erat. Tapi dengan kondisi seperti ini menjadikan hal itu tidak bisa berlangsung. Rasa ukhuwah pun kurang terasa di antara para anggota.  Hal ini terjadi karena kurangnya interaksi dan kesibukan/kegiatan sampai dengan prioritasnya masing-masing.

Untuk itu perlu adanya kesadaran untuk senantiasa menyambung, mempererat, dan menjaga ikatan silaturahmi kita di tengah pandemi covid-19 seperti ini. Karena dalam menjalin silaturahmi perlu adanya komunikasi antara dua belah pihak yang sejalan atau sinkron. Untuk itu di masa pandemi sekarang ini, cukup sulit untuk kita menjalin silaturahmi dengan komunikasi via online. Karena belum tentu antara orang yang satu dengan yang lainnya sedang menggunakan alat komunikasi dalam waktu yang bersamaan. Untuk itu upaya atau cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menentukan kesepakatan waktu untuk saling berkomunikasi atau silaturahmi. Selain itu, dalam upaya mewujudkan Ukhuwah tetap erat dan kuat, kita perlu bersikap husnuzhon (berprasangka baik) serta melaksanakan hak dan kewajiban serta amanah yang sedang dijalankan. Dan membangun ukhuwah tidak hanya dengan tindakan-tindakan besar. Semua bermula dari hal-hal kecil seperti selalu menjalin komunikasi (sekedar bertanya kabar), sharing dengan pengurus dsb.

Ukhuwah islamiyah dibangun mulai dari hal kecil terlebih dahulu hingga nanti bisa ke hal-hal besar. Antara saudara muslim yang satu dengan yang lain saling mengikat tali silaturahmi dengan kuat. Hingga akhirnya membentuk dan membangun islam menjadi agama yang kuat.

Yukkk sama-sama jaga ukhuwah kita…:)

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Author Description

admin