MA? Jalan-jalan Berfaedah

http://www.fsialbiruni.org/wp-content/uploads/2019/09/IMG-20190902-WA0007.jpg MA? Jalan-jalan Berfaedah

Assalamu’alaikum Warohmatullah Wabarokatuh

Ada sebuah perjalanan yang telah kita lalui sebelum akhirnya kita benar-benar menjelajah dunia kampus sepenuhnya. Masih begitu melekat dalam ingatan ini sebuah agenda awal kampus yang namanya MPA (masa pengenalan akademik), yang mungkin sekarang  disebutnya PKKMB. Oke, Perjuangan yang dimulai dari berangkat lebih pagi dari biasanya, membuat diri ini harus bangkit mengikuti kegiatan agar memiliki kenangan masa-masa MPA. Disamping itu, pengalaman yang didapat selama MPA cukup melelahkan ya, terutama saat panas-panasan di opening, teriak-teriakin yel-yel dan semacamnya. Eh, tapi bukan pengalaman seperti itu yang akan ku ceritakan disini, melainkan sebuah perjalanan yang lebih seru dan pastinya no kaku-kaku. Kegiatan yang aku rasa berdampak baik untuk membentuk iman dan ukhuwah antar sahabat-sahabat se-fakultas.

Setiap fakultas tentu memiliki agenda kebaikan ini, yang ku tahu dan yang paling ku ingat adalah di Fakultas Teknik, ya, fakultasku sendiri. Nama kegiatannya mungkin sudah tak asing lagi di telinga teman-teman semua. Terlebih, kegiatan ini sudah diserukan sejak ICFT (Information Center Fakultas Teknik) berlangsung. Disana ada kaka-kaka dan abang-abang yang tergerak aktif memberikan informasi terkait agenda ini. Agenda kebaikan apakah itu?? Yaps.. Betul. MA, alias Muslim Adventure, ini merupakan kegiatan khusus yang dipersembahkan oleh FSI Al-Biruni untuk Mahasiswa/i baru muslim Fakultas Teknik UNJ yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Sepengalamanku, semasa aku menjadi peserta Muslim Adventure, acara ini memiliki jargon yang menarik dan millenials yaitu #GueMA #Jalanjalanberfaedah. Dari jargonnya saja, sudah tentu agendanya memiliki tujuan yang berfaedah. Karena memang, agenda ini tuh jalan-jalan selama tiga hari dua malam, dimana setelah kita berlelah-lelah di acara pengenalan kampus, kita diajak refreshing ke luar kampus. Dan berfaedah nya itu, karena agenda ini selalu mengingatkan dan mengajak kita melakukan kebaikan. Kalau kita melakukan kebaikan, apa sih yang akan terjadi sama kita? Ya, tentunya kita akan dapat pahala dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Luarbiasa kan? Gak percaya? Nih, silakan dibaca teman-teman.

“Barangsiapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”

(Qs. An-Nahl: 97)

“Sungguh, Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik.” (Qs. Al-Baqarah: 195)

Nah, dari ayat-ayat tersebut dapat kita simpulkan teman-teman, bahwa apabila kita melakukan hal yang baik, maka Allah akan datangkan pula kebaikan yang lebih baik dari apa yang telah kita lakukan, serta kita akan menjadi orang-orang yang dicintai oleh Allah. Keren kan? Masyaa Allah.

Emang apa aja sih agenda kebaikan yang dilakuin selama di MA? Insyaa Allah banyak, yang penting teman-teman ridho dan ikhlas melakukannya. Jika beneran mau tahu, coba simak nih, yaitu ada kegiatan bangun malam untuk melaksanakan qiyamul lail atau sholat malam, hafalan ayat Qur’an, muhasabah diri, mabar alias makan bareng se-angkatan, nge-games, mentoring, sholat awal waktu, dhuha, dan masih banyak lagi kegiatan lainnya yang kalau dijabarin ga akan cukup hanya 1 halaman ini saja.

Lalu, selain itu, karena kita sering bertemu dengan teman-teman dari prodi lain yang se-fakultas akhirnya kita jadi ta’arufan deh sama mereka. Eh, tapi ikhwan dengan ikhwan dan akhwat dengan akhwat ya. Lantas, kurang kebaikan apalagi coba? Ukhuwah se-angkatan? Masya Allah, Insyaa Allah akan terjalin kok. Tenang aja.

Pada intinya, meskipun agendanya akan cukup padat, teman-teman harus mempersiapkan diri dan yakinkan diri dengan niat ikhlas karena Allah Subhanahu wa Ta’ala, berharap bahwa Allah ridho dengan kebaikan yang kita lakukan nantinya. Karena akan percuma atau sia-sia amalan kebaikan teman-teman yang sudah dilakukan selama tiga hari dua malam, jika niat teman-teman yang salah.

Agenda kebaikan seperti MA ini akan terasa setelah teman-teman ikut agendanya baik menjadi peserta maupun panitia nantinya. Ukhuwah dengan sahabat akan semakin erat, semakin melekat, dengan perjalanan dan pengalaman yang sama membuat kalian dekat, apalagi ditambah do’a yang semakin mengikat, maka coba diingat, daftarkan dirimu dan sahabatmu sebelum terlambat.

Oke, mungkin hanya itu, segelintir pengalaman yang bisa disampaikan, mohon maaf bila ada salah kata. Jazakumullah khair, teruntuk teman-teman yang sudah membaca tulisan ini.

Dan kalau mau tahu lebih banyak tentang MA, teman-teman bisa coba tanya testimoni dari abang-abang atau kaka-kakanya. Tetapi, jangan langsung percaya begitu saja dengan testimoni tersebut, sebelum kamu sendiri yang merasakannya langsung. Oke. Maka dari itu, jangan lupa daftar MA. Akhirulkalam #GueMA #Jalanjalanberfaedah

Wassalamu’alaikum Warohmatullah Wabarokatuh

Author Description

admin