PRESS RELEASE PRAKTEK “Jomblo Zaman Now”

http://www.fsialbiruni.org/wp-content/uploads/2017/11/rP1-300x300.pnghttp://www.fsialbiruni.org/wp-content/uploads/2017/11/rP1-300x300.pnghttp://www.fsialbiruni.org/wp-content/uploads/2017/11/rP1-300x300.pngPRESS RELEASE PRAKTEK “Jomblo Zaman Now”

“Jomblo Jaman Now”
Ustad Handy Bonny

…UNJ (Usia Nanggung Jomblo)…

Kalau udah nikah nikmat banget, karena segalanya ibadah, pegangan tangan dihitung ibadah, ya kalau pacaran hanya menambah dosa.
Sampaikan dakwah kepada anak muda, banyak pemuda yang malu datang kajian. Dakwah harus dibuat menarik, packaging dibuat menarik, misal buka ditempat terbuka, kalau di aula yang hadir teman-teman sholih ini terlihatnya.
Ketika komitmen dalam dakwah dipilih, maka harus rela untuk dakwah. Selama suami cinta kepada Allah maka ia juga cinta kepada istrinya dan sebaliknya.
Kenapa kita memilih untuk jomblo? Karena gak laku? Harus dipastikan alasannya, apa pilihan diri? Apa pilihan ketaatan kita pada Allah? Setiap dari yang kita pilih harus ada petunjuknya, petunjuknya Al-Quran, qudwah kita Rasululah, Rasulullah pacaran tidak?
Al-Baqarah ayat 165
Kita jomblo mau bahagia atau tersiksa?
Al-Israa’ ayat 32
Jangan mendekati zina tafsir nya kontemporer, ngedekatin aja ga boleh, stalking ig mantan aja ga boleh, nyiksa, ga akan pernah memberi kebahagiaan yg nyata.

Wanita cintanya itu tulus bukan fulus, sampai ada suratnya di Quran surat An nisa, fitrahnya gitu, cintanya tulus, ga liat fisik, ga liat fulus. Kalau ga sanggup nikahin, jangan sakitin, jangan pacaran. Kalau laki2 cintanya mulus, suka melihat fisiknya aja, pasti laki2 milihnya fisik, memang fitrahnya begitu. Ngapain sayang sama seseorang yang ga pernah sayang sama kita, rindu sama seseorang yang ga pernah rindu sama kita, nyiksa.

Kalau wanita udah cinta sama seorang pria yang penting nyaman, maka indikator pernikahan ini yang pertama adalah Iman, yang terpenting adalah imannya, maka orang yang pacaran sudah pasti tidak iman kepada Allah.
Kalau belum siap nikah yang harus dibahagiakan pertama adalah ibu kita, wanita terbaik yang ada di dunia ini adalah ibu kita. Akhwat kalau melihat seorang pria mau dipilih sebagai suami, lihat bagaimana cara memperlakukan orangtuanya, kadang ada ikhwan yang rajin ke kajian, rajin baca Qurán gabung sama LDK tapi ke orangtuanya kasarnya luar biasa, pacar nelfon diangkat, orangtua nelfon ga diangkat.
Abdullah Ibn Masud bertanya kepada Rasulullah saw. “Ya Rasulullah apa sih amalan yang paling dicintai oleh Allah?” lalu dijawab ‘Ada 3, Sholat tepat pada waktunya, kedua berbakti pada orang tua, ketiga jihad di jalan Allah.’
Hijrah itu berproses, berprogres, kalaupun banyak yang protes jangan dibawa stress, jalani aja sampai beres, biar sukses. Step by step, setahap demi setahap.

Baik menurutmu belum tentu baik menurut Allah SWT, buruk menurut kita belum tentu buruk menurut Allah SWT.
Cinta yang palsu itu hidupnya di sudur di dada, makanya kalau rindunya salah atau cintanya salah itu nyesek, tapi kalau rindunya bener cintanya bener gak akan nyesek. Maka cinta yang sejati hanya cinta kepada Allah.

Yang namanya pertama cinta, cinta karena Allah. Aku dan kau, aku makhluk Allah kamu makhluk Allah, aku diciptakan oleh Allah, kamu diciptakan oleh Allah. Wamaa khalaqtul jinna wal insa illaa liya’budun, Adz-Dzariyat ayat 56. Aku diciptakan untuk beribadah kepada Allah, kamu diciptakan untuk beribadah kepada Allah, maka ketika aku ingin menikah, aku akan mencari orang yang tujuannya sama yaitu untuk beribadah kepada-Mu, selama tujuannya bukan untuk beribadah maka yang timbul adalah masalah. Pacaran itu permasalahan yang paling besar saat ini.
Yang pertama harus kita gelorakan adalah majelis ilmu, lama-lama semakin banyak yang hadir didalamnya. Kuncinya adalah kita dakwah dilapangan, oke kita dakwah disini (dalam aula) untuk saling menguatkan. Kalau dakwah di kelas, masing-masing, baru itu dakwah yang terbaik.

Pakai Instagram untuk dakwah, kalau ig niatnya untuk ibadah innamal a’malu binniyat wainnama likulli riimanawa segala sesuatu itu tergantung niatnya, dan Allah memberikan bonus pahala itu sesuai dengan apa yang kita niatkan. Barang siapa yang hirahnya karena Allah dan Rosul-Nya maka akan sampai kepada Allah dan Rosul-Nya, maka kita hantarkan diri kita, step by step, yang awalnya hirah karena trend kemudian naikan levelnya hijrah karena Allah. Lihat surat An-Nisa ayat 100.

Hijrah ada 2 syarat, pertama ada yang ditinggalkan yang kedua ada yang dituju, yang ditinggalkan adalah kemaksiatan dan yang dituju adalah Allah SWT, maka pertanyakan pada diri kita udah berapa sering kita kajian tapi kenapa gabisa menambah hati kita. Kalau hati kita baik, pendengaran baik, dan ucapan pun juga baik, ketika orang yang berhijrah gak mungkin dia ingin terjerumus ke dalam dunia pacaran, gak pernah ia tertarik pada kemaksiatan yang dulu ia lakukan.

Ciri diterimanya taubat yang pertama adalah kita benci dengan kemaksiatan yang pernah dilakukan.
Yang pertama ditanyakan oleh malaikat siapa Tuhan mu? Siapa yang diberikan loyalitas dan totalitas dalam kehidupanmu? Kuliah wajib tapi menuhankan kuliah bahaya, kuliah diutamakan IPK itu bukan Indeks Prestasi Kumulatif, IPK itu Indeks Prestasi Ketaqwaan. Percuma cumlaude kalo gak pernah sholat.

Keutamaan orang datang ke majelis ilmu:
1. Allah dekatkan ia dengan surga.
2. Malaikat meridhoi kita semua.
3. Hewan2 yang dilautan mendoakan kita semua.

Pernah ga kita ngerasa dosa dan pahala ada indikatornya? Kenapa di rahasiakan? Lihat surat Al-Mulk ayat 2. Allah ingin ngecek siapa yang terbaik amalnya, dibuat misterius, supaya ada tantangannya. Sekarang kita ga nikmat, orang lain pacaran kita engga. Udah jomblo di bully, jomblo di zolimi, insya Allah doanya di ijabah.

Kita bisa diterima di UNJ, maka Allah berikan amanah kepada kita untuk sampaikan dakwah ini. Ketika berbicara dakwah, berbicara kenikmatan kita dalam iman dan ihsan, kalau kita belum bisa membicatakan nikmatnya iman dan ihsan, maka kemungkinan besar belum ada keimanan dan ihsan dalam diri kita. Maka hanya sampai pada lisan dan perbuatan, tidak sampai ke hati.

Kunci istiqomah yang pertama adalah berdakwah, semakin sering kita berdakwah semakin istiqomah kita, semakin kenceng lemparnya semakin mantulnya kekita semakin kuat, kalau semakin sering kita ngajakin orang lain sholat, semakin semangat kita sholat. Semakin sering memotivasi orang buat putus cinta, kita pasti akan terhindar dari pacaran.

Jomblo itu mulia tapi kalau kelamaan musibah, tapi pastikan jomblonya kita itu karena pilihan kecintaan kita kepada Allah, karena kita diperintahkan oleh Allah tidak boleh melakukannya. Karena kalau pacaran itu diluar fitrahnya manusia. Dan laki2 gada fitrahnya untuk menghancurkan wanita, gabisa, laki2 gaboleh nyakitin wanita meskipun sudah menikah. Wanita puncaknya amarah itu air mata, kalau laki2 nampar. Kalau wanita ditampar ga nampar balik. Maka ketika wanita menangis wajib dipeluk sama temennya akhwat juga. Kalau laki2 nangis jangan dipeluk ‘jiji liatnya’. Laki2 nangis nutup mata karena fitrahnya lelaki itu tegar, maka menyembunyikannya dengan sebaik-baiknya. Wanita nangis nutup mulut. Laki2 sehari bicara 8000 kata, wanita 30000 kata. Yang pertama dihisab itu mulutnya.

Bagaimana cara mengetahui kita hijrah udah bukan karena manusia tapi sudah karena Allah?
Aamanu wahajaru wajahadu … Al-Anfal ayat 72
Orang yang bener2 hijrah itu pertamanya iman dulu, iman itu diyakini didalam hati, diikrarkan secara lisan, dan dilakukan dalam tindakan. Hijrah yang sebenar-benarnya hijrah adalah berpindah pada sesuatu yang baik, dari sesuatu yang buruk kepada sesuatu yang baik, dari lingkungan yang buruk kepada lingkungan yang baik, dari teman yang buruk kepada teman yang baik, dari kebiasaan yang buruk kepada kebiasan yang baik. Ciri hijrah bisa dilihat dari step by stepnya, hijrahnya terus dilakukan, gak pernah berhenti, terus menerus, selalu ada perubahan kepada yang lebih baik.

Doa ketika dalam proses berhijrah Allahummar zuqnii hubbaka wa hubba man ahabbaka wa hubba mayyuqollibuni ilaa hubbika, Ya Allah rezekikanlah kepadaku untuk cinta hanya kepada-Mu, dan cinta kepada seseorang yang mencintai-Mu, dan cinta kepada sesuatu yang mendekatkanku kepada cinta-Mu.

Kita mendekatkan diri kita pada Allah dengan berkumpul dengan orang2 yang cinta kepada-Nya, ubah lingkungan, taman, dan kebiasaaan kita. Pertama pembentukan pembelajaran yang terbaik, kedua komitmen kepada Allah.

Jomblo ini membawa keberkahan pada kita, karena kita mengikuti perintah Allah. Maka berikutnya untuk mengajak jomblowan dan jomblowati untuk menjadi jomblo sejati, untuk hanya kepada illahi rabbi. Tolaklah kejahatan dengan kebaikan, Allah tahu keresahan dalam hati kita, orang lain ga perlu tahu. Syaikhul Tarbiyah KH Rahmat Abdullah mengatakan ’’Dua hal yang harus kita ingat adalah kebaikan orang lain kepada kita, dan keburukan kita pada orang lain. Dan ada dua hal yang harus kita lupakan kenaikan kita pada orang lain, dan keburukan orang lain kepada kita.’’ Tolaklah kejahatan dengan kebaikan, inilah strategi sebaik-baiknya dakwah. Kajian ini bukan hanya milik kita, tetapi juga milik mereka yang juga ingin kajian seperti ini.

Lekas sembuh lekas sembah, dari setiap penyakit hati yang hinggap didalam hati kita, bertahan berTuhan istiqomah dijalan Allah SWT, berkembang biaklah dan berkembang baiklah, sehinnga kemudian kita akan diwafatkan dalam keadaan yang baik dihadapan Allah SWT. Sehingga kita layak menakapi surga-Nya.

Penulis : Hasna Nafisah

#HarmoniBergerak
#SiapBermanfaat

Author Description

admin

No comments yet.

Join the Conversation