Hayya ‘Alal Falah

Hayya ‘Alal Falah

“Hayya ‘Alal Falah”
Jarak Kemenangan Hanya Berkisar Antara Kening Dan Sujud

Oleh: Nurul Khasanah
Squad IMC FSI Al-Biruni 2018

Bismillah.
Coretan ini mungkin tidak terbungkus secara rapi dan menarik layaknya coretan penulis-penulis ternama. Yang setiap karyanya mampu dibaca oleh ribuan orang. Sedangkan yang satu ini, hanyalah coretan si pena mungil yang ingin menyajikan sebuah tulisan sederhana. Cukup sederhana, tapi In Shaa Allah mampu memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi para pembacanya.

Hijrah?
Menurut kalian hijrah itu apa? Yang saya tahu hijrah itu suatu proses untuk menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Saya mengawali hijrah dengan memperbaiki sholat. Karena banyak kujumpai kalimat motivasi mengenai keutamaan sholat. Seperti, “Perbaiki sholatmu, maka Allah akan memperbaiki hidupmu.”

Kala itu saya berada dalam posisi yang bisa dibilang sangat menjatuhkan semua harapan yang sudah saya bangun setinggi-tingginya. Kecewa nggak sih kalau apa yang kita rencanakan itu tidak sesuai kenyataan? Kecewa kan? Yup, kecewa dikasih banget banget banget. Universitas yang sangat menjadi kebanggaan, kini hanya menyisakan duka. Ia berlalu dengan begitu saja. Berbagai upaya untuk meraihnya hanya kesenangan sesaat. Karena saya pun sadar, jika usaha dan doa saya tidak sebesar dengan impian saya.

Kegagalan ini cukup membangkitkan saya untuk kembali mendekat pada-Nya. Allah SWT sedang merindukan saya yang lemah ini. Saya yang tidak memiliki daya apapun selain memohon pertolongan dari-Nya. Adanya kegagalan ini, saya menemukan firman Allah SWT yang kebetulan cukup menarik hati. Allah berfirman,

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah [2]: 153).

Dari ayat tersebut, saya mulai memperbaiki sholat saya. Berat nggak? Berat banget, Bro! Coba deh, lagi asik-asiknya nonton film atau drama gitu dan itu sedang klimaks, eh tiba-tiba adzan dan mengharuskan diri ini bangkit untuk melaksanakan sholat. Duh, nikmat betul itu rasanya. Tapi, alhamdulillah semakin sering dipaksa malah semakin menjadi lebih baik. Masya Allah banget khasiatnya. Hidup terasa ringan tanpa beban dan terhindar dari segala keluhan.

Kegagalan itu pun membuahkan tiga kesabaran. Pertama, sabar dalam meninggalkan berbagai hal yang diharamkan dan perbuatan dosa, seperti perbuatan menyalahkan takdir Allah SWT. Kedua, sabar dalam berbuat ketaatan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Meskipun sangat berat bagi jiwa dan raga. Dan ketiga, sabar dalam menerima dan menghadapi segala yang telah ditentukan oleh-Nya.

Saudaraku sekalian, jangan pernah kita merasa lelah. Karena sesungguhnya Allah SWT selalu menyemangati kita dengan, “Hayya ‘Alal Falah”. Jarak kemenangan hanya berkisar antara kening dan sajadah.

Kini, sebagian kemenangan yang saya raih adalah berkuliah di universitas -nyemplung dikitlah ya- dan berkumpul dengan para pejuang dakwah yang sangat tangguh yang In Shaa Allah mampu mengajak saya istiqomah dalam setiap kebaikan dan kelak mampu menolong saya untuk keluar dari panasnya api neraka.

Masih banyak yang dapat diulas mengenai ayat tersebut. Seperti, ketika semalaman suntuk kita nugas juga sangat merasa lelah. Ditambah tidak selesai-selesai padahal sudah rela menahan kantuk. Lalu, dengan sabar meninggalkan si tugas untuk bangkit melaksaksanakan sholat malam. Dan dengan seijin-Nya, Allah merangkul, memeluk, dan seakan dekat, hingga tidak terasa tugas kita ringan dan akhirnya terselesaikan dengan rasa yang teramat tenang. Dan ini mungkin pada kesempatan berikutnya bisa dikembangkan mengenai keutamaan sholat malam.

Tidak disangka-sangka, bahwa Allah memang akan menolong hamba-Nya yang taat dalam beribadah. Masih banyak, Bro! Mungkin kalian juga pernah membuktikannya. Semoga secuil coretan ini mampu meningkatkan motivasi kalian untuk semangat lagi dalam bermanja ria dengan-Nya. Jangan malas. Ingat! Jarak kemenangan hanya berkisar antara kening dan sajadah.

#PenaFSI
#IslamMudaCool
#KitaKeluarga
#UkhuwahSampaiSurga

Author Description

admin

No comments yet.

Join the Conversation