Amal Jama’i [Bergerak Bersama]

Amal Jama’i [Bergerak Bersama]

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah tiada hentinya memberikan nikmat kepada kita semua. Semoga kita tetap dalam naungan lindungan Allah SWt.
Sholawat serta salam tidak lupa tercurah limpahkan kepada junjungan kita, Pemimpin Para pemimpin. Murrabi para murrabi, sang penuntun dari kegelapan menuju zaman yang terang benderang.

SEBUAH HAL YANG SANGAT PENTING!
Bagi kita semua memahami apa itu Amal Jama’i.
Karena Dalam QS. Ali Imran: 104, Allah telah mengisyaratkan tentang wajibnya melaksanakan da’wah secara berjama’ah. Sebab ikhtiar perseorangan dengan cara sendiri-sendiri tidak akan mampu memikul segala tugas dan tanggung jawab da’wah dan tidak akan berdaya melaksanakan segala tuntutan perjuangan da’wah.
Oleh sebab itu Dakwah secara berjama’ah adalah da’wah yang paling efektif dan bermanfaat bagi gerakan Islam.

Ciri-ciri gerakan bersama ini antara lain:

1. Aktivitas yang dijalankan bersumber dari keputusan atau persetujuan jama’ah

2. Aktivitas tersebut meliputi ekstern (kepentingan umum) maupun intern (khusus para anggota), dan masih dalam batas-batas syar’i.

3. Jama’ah yang dimaksud harus mempunyai Anggaran Dasar dan kepengurusan yang tersusun rapi

4. Syarat mutlak bagi organisasi yang bergerak dalam aktifitas islam: mempunyai system organisasi yang lengkap dan kepemimpinan yang gesit, seluruh aktivitasnya mencerminkan peraturan dan garis-garis yang telah ditentukan oleh organisasi serta berjalan sesuai dengan program.

5. Setiap tindakan dan aktivitasnya harus sesuai dengan dasar dan strategi atau pendekatan yang telah digariskan oleh jama’ah

Yang dimaksud manhaj adalah dasar/polise yang hendak ditentukan dalam masalah-masalah:

1. Wasilah (dasar/polise) Da’wah -> tidak boleh bertentangan dengan hukum Islam

2. Marhalah (tahapan) Da’wah -> kerangka dasar dan strategi jama’ah dengan melalui pengkajian yang mendalam tentang sejauh mana kekuatan dan kemampuan jama’ah

3. Maudhu’ (tema) Da’wah -> mengenai totalitas ajaran Islam yang mencakup semua aspek kehidupan umat manusia menekankankan aspek keimanan, akidah, dan ibadah.

4. Kaifiyat (metode pendekatan) Da’wah -> Dakwah Fardiyah dan pendekatan pribadi, penyampaian buku-buku, ceramah-ceramah, berkomunikasi dengan ahli ibadah, akhlak Da’i

Seluruh tindakannya harus bertujuan untuk mencapai cita-cita yang telah ditetapkan bersama

Cita-cita: mewujudkan apa-apa yang dituntut oleh Islam

O. JAYA PERBANGSA

Author Description

admin

No comments yet.

Join the Conversation