Aksi Simpatik Suriah

Aksi Simpatik Suriah

SALIMUNJ, Jakarta – Senin 9 Mei 2016, ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Lembaga Dakwah Kampus se-Jakarta, Depok, dan Bekasi (Jadebek) mengadakan aksi simpatik Suriah di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Suriah.
Aksi simpatik ini, dilaksanakan bersebab pembantaian yang dilakukan rezim Bashar Al Assad terhadap masyarakat Suriah, khususnya yang terjadi di Aleppo. Dimana pada sepekan lalu terjadi serangan di rumah sakit di wilayah Aleppo oleh rezim Assad. Serangan tersebut membunuh banyak warga sipil, bahkan menewaskan dokter di rumah sakit tersebut.

Aksi ini, dimulai pukul 09.30 WIB di Kedubes Suriah. Ratusan mahasiswa berkumpul memenuhi jalanan di depan Kedubes Suriah. Mahasiswa LDK Se-Jadebek mengecam keras tindakan brutal rezim Assad dengan orasi-orasi ilmiah yang dilakukan oleh ketua LDK masing-masing Universitas se-Jadebek.

Kegiatan simpatik ini juga diisi dengan teatrikal yang menggambarkan bagaimana kekejaman rezim Assad yang membantai rakyat sipil Suriah. Selain itu, mahasiswa juga mencoba mengadakan audiensi dengan pihak Kedubes Suriah, namun ditolak. Akhirnya terjadilah negosiasi yang cukup alot diantara keduanya, dan mahasiswa memilih bertahan sampai diberikan kesempatan untuk melakukan audiensi dengan pihak Kedubes untuk menyampaikan aspirasi dari mahasiswa.

Mahasiswa bertahan dengan melakukan orasi serta melakukan shalat dzuhur berjamaah di jalanan depan Kedubes Suriah, baru setelah shalat dzuhur pihak Kedubes akhirnya menerima perwakilan mahasiswa. Akhirnya pihak Kedubes berjanji akan menyampaikan aspirasi dari mahasiswa LDK Se-Jadebek kepada Pemerintahan Suriah.

Selain dari elemen mahasiswa, ratusan masa aksi dari Aliansi Merah Putih Peduli Suriah juga hadir. Mereka meminta Kedubes Suriah menurunkan bendera yang terpasang di depan Kedubes, di mana bendera itu diketahui bendera rezim Assad, bukan bendera revolusi rakyat Suriah. Selain itu masa aksi ini juga meminta pemerintah Indonesia menghentikan hubungan diplomatik dengan rezim Assad. (FN)

Author Description

admin

No comments yet.

Join the Conversation