Kajian Tadabbur Quran

Kajian Tadabbur Quran

Press Release
Kajian Tadabbur Quran
15 April 2016

📝📝📝📝📝📝📝

Kajian Tadabbur Qur’an kali ini mengkaji surat At-Tahrim dengan tema “Inspirasi dari Keluarga Mulia dan Pembelajaran untuk Wanita Masa Kini”

Kajian ini awalnya dilaksanakan di pelataran Masjid Nurul Irfan. Namun hujan turun yang membuat tempat harus berpindah ke dalam masjid. Namun kondisi ini tidak menyurutkan semangat 113 mahasiswa yang ingin menuntut ilmu. Kajian diawali dengan tilawah jama’i surat At-Tahrim yang dipimpin oleh Nafis. Kemudian, dilanjutkan dengan materi yang dibawakan oleh ustadz Fahmi. Di awal pembahasan beliau mengatakan bahwa ulama menyatakan “Sesungguhnya jika ada surat yang ingin Rasulullah tutup-tutupi maka itulah surat At-Tahrim”

Pada ayat pertama Allah menegur Rasulullah karena telah mengharamkan sesuatu yang dihalalkan oleh Allah. Ada 2 pendapat mengenai hal ini. Pertama, hal yang dimaksud adalah madu dimana Rasulullah selalu dengan jamuan terbaik ketika berada di tempat Zainab salah satunya adalab madu. Hal inilah yang menyebabkan Rasulullah selalu lebih lama disana dan menyebabkan istrinya beliau yang lain yaitu Aisyah dan Hafsah cemburu. Maka pada saat Rasulullah datang ke kediaman Hafsah berkatalah Hafsah bahwa mulut Rasulullah berbau tidak enak. Namun Rasulullah menanggapinya dengan berkata “kalau begitu lain kali aku tidak akan makan madu lagi”.

Ayat kedua berisi tentang perintah Allah untuk memperbaiki perkataan.

Ayat ketiga berisi tentang istrinya Rasulullah (Hafsah) yang memberitahukan rahasia Rasulullah kepada Aisyah.

Ayat keempat berisi tentang ancaman kepada istri nabi untuk jangan mudah cemburu buta karena Allah tidak ridha jika Nabi yang dicintaiNya diciderai hatinya hanya karena cemburu buta istrinya.

Ayat kelima merupakan perkataan Umar bin Khattab kepada Hafsah istri Rasulullah yang merupakan anaknya setelah mendengar konflik perceraian Rasulullah dengan istrinya karena suatu masa Rasulullah tidur di masjid.

Ayat keenam berisi pelajaran untuk para keluarga agar senantiasa memelihara diri dari api neraka.

Ayat kedepalan berisi tentang keharusan orang beriman untuk senantiasa bertaubat kepada Allah.

Benarlah, jika Rasulullah tidak amanah tentulah surat ini tidak akan disampaikannya karena surat ini berisi tentang aib keluarganya. Namun karena beliau amanah, Allah jadikan surat ini sebagai pelajaran bagi hamba-hambaNya.

Poin penting dari kajian kali ini adalah:
1. Tantangan terbesar para wanita adalah lidah. Maka jagalah lisan dengan perkataan yang bermanfaat saja. Salah satu trik mengurangi bicara adalah dengan menulis.
2. Jagalah diri dengan adab dan ilmu (Ali Bin Abi Thalib)
3. Beristighfarlah selalu agar Allah permudah segala urusan kita.

#QuranInstitute
#LDKSalimUNJ
#LebihDekatdenganQuran

Author Description

admin

There are 1 comments. Add yours

  1. 1st Juli 2019 | DennisSnisa says:
    Комплектные распредустройства, КТП КОМПЛЕКТНЫЕ ТРАНСФОРМАТОРНЫЕ ПОДСТАНЦИИ москва, Производство ктп москва и др. Вы найдете на нашем специализированном сайте: http://sviloguzov.ru/ - Это то, что Вам нужно!

Join the Conversation