About

Forum Studi Islam Al-Biruni adalah organisasi keislaman yang berada di Fakultas Teknik-Universitas Negeri Jakarta.

 

STRUKTUR BADAN PENGURUS HARIAN
FSI AL-BIRUNI FT-UNJ
MASA JIHAD 1438H (2017 Masehi)

 

1. Ketua Gian Akmal
2. Ketua Keputrian Retno Agi Persada
3. Sekretaris Rukayah
4. Bendahara Nuvita Retna Sari
5. Dept. Kemakmuran Musholla Ahmad Baihaqi
Yuni H
6. Dept. Entrepreneurship Khusnul Rizki
Nindya S
7. Dept. Kaderisasi Dhimaz Idriz
Dina Rosanty
8. Dept. Syi’ar Feri Sutriana
Himi Atikah
9. Dept. Learning Center M. Fajri Abdullah
Irna Nurhidayah
10. Dept. Quran Sinung Kalimo N
Ledia Indah S
11. Dept. Humas dan Media Islam Moh. Ihya Ulumudin
Nurul Anisa
12. Dept. Annisa Dzakia Fathimah

 

DESKRIPSI TUGAS PER BIDANG

 

1. Departemen Kemakmuran Mushola

Kebersihan adalah sebagian dari iman, iya toh? Nah teman-teman  yang akan berada di Departemen Kemakmuran Musholla pasti memegang teguh kalimat tadi. Departemen ini bertugas menyerukan Islam dan menciptakan suasana Islami di Musholla FSI Al – Biruni, memperkaya pengetahuan kita dengan buku-buku islami yang ada di perpustakaan musholla, and bertanggungjawab atas kerapihan dan kenyamanan Mushalla sob ! But kamu yang mempunyai jiwa kepedulian yang tinggi akan musholla FSI Al-Biruni, ingin menjadikan musholla kita sebagai tempat ibadah yang nyaman, dan menjaga rumah Allah swt , yuk gabung di sini !

2. Departemen Entrepreneurship

Biro yang kerjaannya nggak jauh-jauh dari uang, berdagang, ekonomi, dan menambah pemasukan keluarga FSI Al-Biruni !Biro yang berada di bawah Bendahara ini bertugas membangun sistem wirausaha pendukung dakwah yang mandiri dan efektif and~ menjadi wirausahawan/wati yang ikhlas dan jujur kepada Allah. Bagi kamu yang berjiwa entrepreneur, suka dengan dunia perdagangan, memiliki ide-ide menarik untuk memajukan dana usaha FSI Al-Biruni 2016, yuk gabung di sini ! 😉

3. Departemen Kaderisasi

Yang udah tua di kehidupan organisasi udah pada tau pasti yaa ini department kerjaannya ngapain~ Yang kerjaannya nyari-nyari orang melalui agenda-agenda pengkaderan yang kece abis, buat jadi the next leader dalam barisan pejuang Islam. Departemen ini nih yang nantinya akan mengelola atau mengkoordinir agenda muslim paling keren se-FT lho ! Seperti Muslim Adventure dan Muslim Fighter~ Buat kamu, iya kamu..yang berkepribadian tegas, mudah bergaul, mudah merangkul, suka akan kedisiplinan, suka dengan agenda-agenda pengkaderan, yuk gabung ke sini ! 😉

4. Departemen Syi’ar

Departemen ini bertugas menyerukan islam dengan Al-Quran dan As-Sunnah sebagai pedoman hidup dan menciptakan suasana islami di lingkungan Fakultas Teknik~ Departemen ini nih yang nantinya akan mengelola agenda-agenda yang bertujuan untuk menyerukan Islam. Tau PRAKTEK (Pengajian Rabu Anak Teknik) kan ? Muslim dan muslimah FT pasti tau dong~ Nah agenda ini nih yang salah satunya akan dikelola oleh departemen Syi’ar 😉 Buat kamu-kamu yang mempunyai semangat tinggi dalam berdakwah, mempunyai keinginan tinggi untuk menyebarkan kebaikan dan menyerukan Islam, gabung ke sini yuk ! 😉

5. Departemen Learning Center

Mentoring mentoring~ siapa yang gak kenal atau gak tau mentoring ? Ah muslim dan muslimah FT pasti tau mentoring kan ? Nah Departemen ini nih yang akan mengurusi berbagai hal yang berkaitan dengan mentoring. Bertugas memberikan berbagai ilmu keislaman dalam kelompok-kelompok kecil, yang akan selalu membuat lingkaran-lingkaran dengan orang-orang yang haus akan ilmu agama Islam dan ilmu kehidupan. Lalu ada agenda yang besar dan wah lagi, Muslim Adventure.. Dimana kamu mahasiswa muslim yang suka pergi-pergian, ingin membentuk karakter, lalu kenal dan dikenal oleh mahasiswa muslim se-FT, cocok banget deh… Buat kamu yang cinta akan dunia keilmuan khususnya ilmu agama islam, semangat dalam membina dan semangat dalam berbagi ilmu Islam, yuk gabung di sini !

6. Departemen Quran

Departemen yang bertugas mengajak kamu-kamu semua untuk semakin cinta Al-Quran, dan insyaa Allah akan membantu kita untuk menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup nih sob. Departemen ini juga bertanggungjawab untuk memperlancar tilawah para sobat muslim-muslimah FT lho! Waah~ Contoh Program Kerjanya: BMAQ (Belajar Membaca Al-Quran), MTQ FT (Musabaqah Tilawatil Quran) Buat kamu yang berhasrat ingin memperdalam cinta dengan Al-Qur’an, berhasrat mengajak saudara seiman untuk jatuh cinta dengan Al-Qur’an, yuk gabung di sini ! 😉

7. Departemen Humas dan Media Islam

Pernah dengar kata “Humas” ? Nah, pekerjaan departemen Hamas tak ada bedanya dengan divisi Humas dalam suatu organisasi Departemen ini juga bertugas sebagai penyambung tali silaturahim antara Masyarakat, OPMAWA dan Birokrasi Fakultas Teknik. Dan pastinya sebagai penyalur info agenda-agenda dakwah secara kreatif kepada seluruh masyarakat FT. Contoh Program Kerjanya : Pelatihan Desain (Workshop Design), SMS Tausiyah, dan Silau (Silaturahim Saudara) 7 Lembaga FT. Buat kamu yang menyukai pekerjaan melibatkan design, foto-foto, sosialisasi, menulis, jurnalistik, dan mempunyai semangat dalam menyebarkan agenda maupun info-info dakwah, yuk gabung di sini ! 😉

9. Departemen An-Nisa

Nah kalo departemen Asy-Syabab isinya ikhwan semua, departemen Annisa kebalikannya sob ! Sesuai dengan namanya “Annisa”, departemen ini isinya para mujahidah tangguh, bertanggungjawab akan nuansa Islami di kalangan muslimah FT. Serta berkewajiban untuk menambah wawasan Islam serta menjaga aqidah Islam bagi para muslimah FT lho sob ! Contoh Program Kerjanya : Kalimah FT (Kajian Muslimah), Forum Muslimah FT, Nasyid Muslimah. Bagi kamu yang ingin memajukan kualitas muslimah FT, mempunyai ide-ide menarik dalam menambah wawasan Islam untuk para muslimah, dan menyukai nasyid, yuk gabung di sini ! 😉